Friday, March 16, 2012

Jadikan Kelas sebagai Sarana yang Menyenangkan

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Siang tadi, sekolah tempatku mengajar baru saja membatalkan keikutsertaan dari sebuah lomba. Tentu ada kekecewaan, tetapi hal itu tetap disyukuri. Karena memang persiapan yang kurang matang. Untuk bisa mengobati suatu kekecewaan biasanya diobati dengan hal - hal yang menyenangkan. Untuk itu mari kita sulap kelas kita menjadi ruang yang menyenangkan sehingga tidak ada lagi kesedihan.

Hal pertama yang harus disulap adalah kursi dan meja belajar. Jangan pernah menggunakan kursi dan meja belajar yang terpisah. Kenapa?. Karena, Kelas yang meja dan kursi belajarnya terpisah cenderung tercipta suasana belajar yang stagnan. Kenapa bisa begitu?. Ini Jawabannya : kebanyakan dari kita malas untuk berusaha  memindahkan suatu barang yang berat dan berulang (Kan, harus mindahin meja dulu baru kursi). Selain itu, proses memindahkannya juga memakan waktu yang lumayan lama. Menurut saya, karena kedua alasan inilah suasana belajar cenderung stagnan. 

Bagaimana solusinya? Masih menurut saya, sebaiknya sekolah menggunakan kursi dan meja belajar yang satu paket. Kayak, yang pernah kita pake waktu kuliah atau kursus bahasa Inggris. Kalau itu terlalu mahal, cobalah cari yang second - an. Nggak bisa juga, cari aja yang model kayu. Kenapa harus pilih kursi yang seperti itu?. Karena ;1. Kita bisa menciptakan ruang belajar yang bervariatif, Misal : Bahasa Indonesia : Guru bisa dengan mudah membuat kelompok diskusi dengan membuat kursi melingkar untuk masing - masing kelompok. ;2. Menjadikan ruang belajar lebih luas. Misal : dengan menggeser seluruh kursi ke pinggir akan menciptakan ruang kosong. Bisa digunakan untuk Matematika (membuat garis bilangan di lantai, membuat diagram venn di lantai dll), Hadits (Menembak, memanah cuman berenang yang ngk bisa. Pahamkan maksudnya?), Fisika (Ilustrasi GLBB atau GLB)  ataupun pelajaran yang membutuhkan ruang kosong tersebut. 

Selanjutnya, untuk mendukung pendapat di atas. Lantai kelas tidak boleh menggunakan karpet. Karena susah ngebersihinnya dan banyak debu. Bukan begitu, maksudnya biar gampang dicorat - coret. Selain untuk dicoret, ruang yang kosong juga bisa digunakan untuk menunjang suasana belajar yang membutuhkan banyak pergerakan. Contoh : Kita bisa bermain pasang tempel dengan murid. Konsep permainannya hampir sama dengan artikel cara mengajar Al Qur'an yang menyenangkan
Berikutnya, Jangan Engkau Biarkan Dinding Kelasmu Kosong Melompong. Pasanglah dinding kelas dengan papan permainan yang bisa digunakan oleh banyak mata pelajaran. Intinya, buatlah dinding kelasmu laksana kamarmu sendiri.

Sebenarnya, artikel ini hanya diadopsi saja dari Quantum Teaching. Dalam buku tersebut disebutkan, bahwa seorang guru ibarat orang yang sedang mengorkestrai sebuah pagelaran musik (padahal menurut kaidah syara' musik itu haram. Tapi klo dipake buat pengibaratan boleh ngk yah?). Seorang kondektur memiliki banyak pemain musik. Ada bagian bass, biola, piano, dll (saya mah ngk terlalu tahu musik). Setiap bagian diperintah oleh kondektur. Dan tugas seorang kondektur adalah membuat pagelaran musik menjadi harmonis. Begitu pula, tugas seorang guru harus mampu mengatur ruang kelasnya agar mampu tercipta suasana belajar yang menyenangkan.

Note : Tolong, jangan mengira kalau di sekolah tempat saya mengajar sudah seperti kebanyakan artikel yang ada disini. Karena bukan saya yang punya sekolahannya. Kalau saya yang punya tuuu, .......!

Thursday, March 15, 2012

Download Puzzle Al Qur'an 6

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh


Apa kabar pembaca Puzzle Al Qur'an ?. Alhamdulillah beberapa puzzle dari juz 'amma telah selesai dan siap anda mainkan bersama anak dan keluarga pembaca sekalian. Oh, iya! Sekedar pemberitahuan, untuk memainkan puzzle ini anda harus terlebih dahulu memiliki program adobe flash player.


Al Buruuj

Wednesday, March 14, 2012

Memadukan Pelajaran Ekonomi dengan Bahasa Indonesia.

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh


Bagaimana kabar para pembaca hari ini? Pasti sehat dan senantiasa dalam lindungan Alloh Subhannahu Wa Ta'ala. Cuaca yang sedang mengalami perubahan di daerah saya ini, telah menjadikan saya mendapat takdirnya Alloh yaitu sakit. Tapi ini adalah sebuah nikmat yang tetap harus kita syukuri. Semoga anda menjaga kesehatan ya!

Orang yang senang dengan pelajaran Ekonomi dan Bahasa Indonesia, tentunya akan menanti guru yang akan mengajarkan dengan hati yang gembira. Tapi bagaimana dengan murid yang tidak suka, tentu seorang guru harus berbuat lebih kreatif agar model pembelajaran dapat menyertakan seluruh murid dan mereka senang dengan pelajaran terebut.

Dalam memadukan kedua pelajaran ini, kita akan memilih satu objek yang akan dijadikan tempat untuk belajar yaitu Koperasi. Koperasi merupakan tempat yang tepat untuk murid belajar mengenai struktur organisasi dan cara koperasi menjalankan usahanya. Sekilas kita akan mengatakan 'Loh, untuk pelajaran Bahasa Indonesianya mana?'. Tenang di koperasi, murid juga bisa belajar mengenai materi wawancara dan mencatat hal - hal yang penting. Dengan demikian pelajaran mengenai koperasi ini dapat diawasi oleh dua guru sekaligus.

Mudah - mudahan artikel ini bermanfaat, semoga kita dapat menjadi guru yang kreatif. Amiiin.

Tuesday, March 13, 2012

Memadukan Pelajaran Sejarah dengan Bahasa Indonesia

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh


Apa kabar para pembaca Puzzle Al Qur'an Blog's?. Insya Alloh sehat semuanya dan senantiasa dalam lindungan Alloh 'Azza Wa Jalla. Kali ini, kita akan berbagi mengenai cara memadukan pelajaran Sejarah dan Bahasa Indonesia.

Teman - teman sekalian pasti pernah berada di bangku sekolah dan memperhatikan guru sejarah yang sedang menerangkan mengenai peristiwa sejarah Indonesia maupun dunia. Mungkin saja, ada di antara teman sekalian yang suka tertidur ketika guru sedang menerangkan. Begitu pula dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Pasti teman sekalian merasa bosan ketika diajarkan oleh guru yang metodenya tidak pernah berubah. Selalu menggunakan metode ceramah.

Sebenarnya kegiatan belajar mengajar haruslah menyenangkan dan terpusat pada siswa bukan lagi pada guru yang harus menerangkan ilmu kepada muridnya. Metode mengajar yang tepat untuk sekarang adalah dengan menjadikan murid sebagai pusat. Yaitu dengan membiarkan murid memecahkan permasalahan dalam pelajaran dan guru hanya bersifat mengarahkan saja.

Adapun cara memadukan pelajaran sejarah dengan Bahasa Indonesia adalah dengan menggunakan peristiwa sejarah sebagai naskah drama dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan metode ini, dua guru dapat saling bekerja sama dalam memberikan pengajaran kepada murid. Guru Sejarah dapat menilai murid berdasarkan peristiwa sejarah yang dilakonkan kemudian guru Bahasa Indonesia dapat menilai murid berdasarkan lakon drama yang mereka mainkan. Selain itu, murid tidak perlu memikirkan tema apa yang harus dijadikan sebagai naskah drama. Mereka tinggal menyesuaikan naskah drama dengan peristiwa sejarah yang mereka lakonkan.

Semoga dengan semakin banyak guru yang dapat menemukan cara memadukan pelajaran akan membuat pelajaran di seluruh Indonesia semakin menyenangkan. Proses Belajar Mengajar pun menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi murid. Bukan suatu pengalaman yang biasa - biasa saja ataupun malah menjadi pengalaman yang menegangkan.

Sekian dulu, Puzzle Al Qur'an mohon pamit. Apabila ada kekurangan mohon diperbaiki semoga Alloh membalas kebaikan kita semua. 

Monday, March 12, 2012

Download Puzzle Al Qur'an 5

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Selamat datang kembali ke Puzzle Al Qur'an Blog's. Kami kembali dengan puzzle Al Qur'an Juz 'Amma. Kali ini, surah yang telah selesai adalah surah Al Muthoffifin. Surah Al Muthoffifin ini dibagi dua, karena cukup panjang. Silakan Langsung menuju ke TKP!


Link ini akan terhubung ke adf.ly. anda hanya harus menunggu selama 5 detik, kemudian klik skip ad maka anda akan langsung menuju ke link download sebenarnya.

Mohon Maaf, apabila banyak iklan.

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Mungkin para pembaca Puzzle Al Qur'an merasa tidak terlalu senang dengan banyaknya iklan pop up di blog ini.  Iklan tersebut merupakan salah satu bentuk usaha Puzzle Al Qur'an dalam mendirikan Rumah Tahfidz Center. Rumah Tahfidz Center membutuhkan biaya yang sangat besar sehingga Puzzle Al Qur'an meminta pengertian dari pembaca dan tetap mendukung blog ini.
Perlu diketahui Puzzle Al Qur'an blog, mulai kemarin sudah menjadi blog yang dofollow meskipun pagerank tiap halaman masih belum ada. 
Sekali lagi Mohon pengertian dan dukungan dari pembaca. Puzzle Al Qur'an.

Sunday, March 11, 2012

Memadukan Pelajaran dengan Moving Class

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh


Bertemu kembali dengan Puzzle Al Qur'an blog's. Kali ini artikel yang akan dibahas adalah bagaimana memadukannya beberapa bab dalam pelajaran yang berbeda dipelajari dalam satu hari dengan cara moving class.

Target pertama kita adalah Kebun Raya Bogor.

Dengan berkunjung ke Kebun Raya Bogor kita bisa mempelajari beberapa bab dalam pelajaran Fisika, Biologi, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Sejarah dan Ekonomi.

- Fisika
Pelajaran yang dapat dipelajari dalam moving class ini yaitu GLBB dan GLB. Selama dalam perjalanan, siswa diminta mengamati dan mencatat nomor polisi kendaraan mana saja yang mengalami GLB dan GLBB (dipercepat/diperlambat). Adapun di dalam Kebun Raya Bogor, guru dapat mengeksplor sendiri materi apa yang ingin dipraktekkan. (Selagi siswa/i sedang ada di Museum Zoologi, silakan guru fisika mengeksplor sendiri)

- Biologi
Di dalam Kebun Raya Bogor terdapat Museum Zoologi. Museum Zoologi dapat menjadi tempat berlabuh yang pertama yaitu dengan mempelajari mengenai Klasifikasi Makhluk Hidup, Ekosistem, Gejala Biotik dan Abiotik dll. Hal ini bergantung dari kreativitas kita sebagai guru. Oleh karena itu, sebaiknya guru biologi ikut serta dalam melakukan survey agar dapat menentukan materi apa saja yang dapat dipelajari selama di Kebun Raya Bogor.

- Bahasa Inggris dan Bahasa Arab
Biasanya di Kebun Raya Bogor banyak berseliweran turis asing baik dari Eropa maupun Timur Tengah. Kalo penulis pernah bertemu dengan seorang Nenek yang berasal dari Belanda dan sepasang suami isteri dari UEA. Perintahkan siswa/i untuk bertanya kepada narasumber mengenai seluruh percakapan bahasa yang sudah dipelajari.

- Bahasa Indonesia
Perintahkan murid untuk melakukan wawancara kepada setiap narasumber yang sudah ditentukan temanya oleh guru. Kemudian di saat waktu senggang, mintalah murid untuk menulis dan membacakan puisi mengenai keindahan alam di Kebun Raya Bogor.

- Matematika
Praktek matematika dapat dilakukan di waktu senggang di tempat yang menyejukkan. Pohon yang rindang dan halaman rumput yang luas bisa ditemukan di pinggir kolam Kebun Raya Bogor dan berbatasan dengan Istana Presiden. Banyak materi yang dapat diberikan, misalnya : Himpunan, Perbandingan, Aritmatika Sosial dll.

- Sejarah
Dengan berkunjung ke Istana Presiden, diharapkan siswa dapat mengetahui peristiwa apa saja yang terjadi di tempat tersebut. Akan tetapi, hal ini hanya dapat dilakukan ketika Istana Bogor diperbolehkan untuk dikunjungi.

- Ekonomi
Banyak peristiwa ekonomi terjadi di sekeliling Kebun Raya Bogor yang dapat diamati oleh siswa. Guru dapat menentukan tema apa saja yang dapat murid kerjakan selama di Kebun Raya Bogor.

Banyak sekali materi yang dapat diberikan, sekarang terserah kepada setiap guru untuk dapat menentukan materinya. Kreativitas sebagai guru sangat menentukan tingkat keberhasilan murid dalam memahami pelajaran. Apabila ada yang ingin menyempurnakan artikel diatas. Silakan lanjutkan di kolom komentar.
Yang Baca, Wajib Like