Tuesday, March 13, 2012

Memadukan Pelajaran Sejarah dengan Bahasa Indonesia

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh


Apa kabar para pembaca Puzzle Al Qur'an Blog's?. Insya Alloh sehat semuanya dan senantiasa dalam lindungan Alloh 'Azza Wa Jalla. Kali ini, kita akan berbagi mengenai cara memadukan pelajaran Sejarah dan Bahasa Indonesia.

Teman - teman sekalian pasti pernah berada di bangku sekolah dan memperhatikan guru sejarah yang sedang menerangkan mengenai peristiwa sejarah Indonesia maupun dunia. Mungkin saja, ada di antara teman sekalian yang suka tertidur ketika guru sedang menerangkan. Begitu pula dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Pasti teman sekalian merasa bosan ketika diajarkan oleh guru yang metodenya tidak pernah berubah. Selalu menggunakan metode ceramah.

Sebenarnya kegiatan belajar mengajar haruslah menyenangkan dan terpusat pada siswa bukan lagi pada guru yang harus menerangkan ilmu kepada muridnya. Metode mengajar yang tepat untuk sekarang adalah dengan menjadikan murid sebagai pusat. Yaitu dengan membiarkan murid memecahkan permasalahan dalam pelajaran dan guru hanya bersifat mengarahkan saja.

Adapun cara memadukan pelajaran sejarah dengan Bahasa Indonesia adalah dengan menggunakan peristiwa sejarah sebagai naskah drama dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan metode ini, dua guru dapat saling bekerja sama dalam memberikan pengajaran kepada murid. Guru Sejarah dapat menilai murid berdasarkan peristiwa sejarah yang dilakonkan kemudian guru Bahasa Indonesia dapat menilai murid berdasarkan lakon drama yang mereka mainkan. Selain itu, murid tidak perlu memikirkan tema apa yang harus dijadikan sebagai naskah drama. Mereka tinggal menyesuaikan naskah drama dengan peristiwa sejarah yang mereka lakonkan.

Semoga dengan semakin banyak guru yang dapat menemukan cara memadukan pelajaran akan membuat pelajaran di seluruh Indonesia semakin menyenangkan. Proses Belajar Mengajar pun menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi murid. Bukan suatu pengalaman yang biasa - biasa saja ataupun malah menjadi pengalaman yang menegangkan.

Sekian dulu, Puzzle Al Qur'an mohon pamit. Apabila ada kekurangan mohon diperbaiki semoga Alloh membalas kebaikan kita semua. 

No comments:

Post a Comment

Yang Baca, Wajib Like