Sunday, March 11, 2012

Memadukan Pelajaran dengan Moving Class

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh


Bertemu kembali dengan Puzzle Al Qur'an blog's. Kali ini artikel yang akan dibahas adalah bagaimana memadukannya beberapa bab dalam pelajaran yang berbeda dipelajari dalam satu hari dengan cara moving class.

Target pertama kita adalah Kebun Raya Bogor.

Dengan berkunjung ke Kebun Raya Bogor kita bisa mempelajari beberapa bab dalam pelajaran Fisika, Biologi, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Sejarah dan Ekonomi.

- Fisika
Pelajaran yang dapat dipelajari dalam moving class ini yaitu GLBB dan GLB. Selama dalam perjalanan, siswa diminta mengamati dan mencatat nomor polisi kendaraan mana saja yang mengalami GLB dan GLBB (dipercepat/diperlambat). Adapun di dalam Kebun Raya Bogor, guru dapat mengeksplor sendiri materi apa yang ingin dipraktekkan. (Selagi siswa/i sedang ada di Museum Zoologi, silakan guru fisika mengeksplor sendiri)

- Biologi
Di dalam Kebun Raya Bogor terdapat Museum Zoologi. Museum Zoologi dapat menjadi tempat berlabuh yang pertama yaitu dengan mempelajari mengenai Klasifikasi Makhluk Hidup, Ekosistem, Gejala Biotik dan Abiotik dll. Hal ini bergantung dari kreativitas kita sebagai guru. Oleh karena itu, sebaiknya guru biologi ikut serta dalam melakukan survey agar dapat menentukan materi apa saja yang dapat dipelajari selama di Kebun Raya Bogor.

- Bahasa Inggris dan Bahasa Arab
Biasanya di Kebun Raya Bogor banyak berseliweran turis asing baik dari Eropa maupun Timur Tengah. Kalo penulis pernah bertemu dengan seorang Nenek yang berasal dari Belanda dan sepasang suami isteri dari UEA. Perintahkan siswa/i untuk bertanya kepada narasumber mengenai seluruh percakapan bahasa yang sudah dipelajari.

- Bahasa Indonesia
Perintahkan murid untuk melakukan wawancara kepada setiap narasumber yang sudah ditentukan temanya oleh guru. Kemudian di saat waktu senggang, mintalah murid untuk menulis dan membacakan puisi mengenai keindahan alam di Kebun Raya Bogor.

- Matematika
Praktek matematika dapat dilakukan di waktu senggang di tempat yang menyejukkan. Pohon yang rindang dan halaman rumput yang luas bisa ditemukan di pinggir kolam Kebun Raya Bogor dan berbatasan dengan Istana Presiden. Banyak materi yang dapat diberikan, misalnya : Himpunan, Perbandingan, Aritmatika Sosial dll.

- Sejarah
Dengan berkunjung ke Istana Presiden, diharapkan siswa dapat mengetahui peristiwa apa saja yang terjadi di tempat tersebut. Akan tetapi, hal ini hanya dapat dilakukan ketika Istana Bogor diperbolehkan untuk dikunjungi.

- Ekonomi
Banyak peristiwa ekonomi terjadi di sekeliling Kebun Raya Bogor yang dapat diamati oleh siswa. Guru dapat menentukan tema apa saja yang dapat murid kerjakan selama di Kebun Raya Bogor.

Banyak sekali materi yang dapat diberikan, sekarang terserah kepada setiap guru untuk dapat menentukan materinya. Kreativitas sebagai guru sangat menentukan tingkat keberhasilan murid dalam memahami pelajaran. Apabila ada yang ingin menyempurnakan artikel diatas. Silakan lanjutkan di kolom komentar.

1 comment:

  1. pertamax ah, daripada ngk ada yang komeng. Kunjungilah blog ini

    ReplyDelete

Yang Baca, Wajib Like