Saturday, March 10, 2012

Mengajar Penambahan dan Pengurangan Pecahan dengan Alat Main yang Menyenangkan

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh 


Semoga Alloh senantiasa menjadikan kita orang yang senang bersilaturahmi sehingga anda senang bersilaturahmi ke blog Puzzle Al Qur'an. Kali ini, Puzzle Al Qur'an akan membahas mengenai cara mengajar penambahan dan pengurangan pecahan dengan alat peraga yang bisa pembaca kembangkan sendiri nantinya. Langsung saja kita mulai  ya!

1. Siapkan kertas karton, alat pemotong, penggaris, lem dan spidol
2. Buatlah kertas karton dengan ukuran 30 x 15 cm (p x l) sebanyak dua buah (bagian depan dan bagian samping)
3. Kemudian gambarlah dengan spidol sesuai gambar berikut ini!


4. Potong karton pada bagian kotaknya sehingga terdapat lubang.
5. Lem dua bagian kiri dan kanan karton tadi sehingga ada ruang yang kosong di bagian tengah. (Ingat bagian yang digambar dan dipotong hanya bagian depan.
6.Sekarang kita buat potongan karton dengan lebar sesuai dengan panjang kotak dan panjangnya 10 cm (diperkirakan ada bagian karton yang dapat dijadikan sebagai alat penyangkut)

7. Ganti bagian biru dengan angka. Buatlah angka mulai dari 0 - 9 sebanyak 3 kali dari setiap angka. Selesai dan Siap dimainkan

Alat ini masih dapat pembaca kembangkan lebih lanjut. Mari kita meningkatkan kreativitas kita dalam mengajar dan mendidik anak didik kita. Diharapkan lulusan sekolah kita nantinya adalah lulusan yang penuh dengan kreativitas dan senantiasa inovatif.

No comments:

Post a Comment

Yang Baca, Wajib Like