Tuesday, March 6, 2012

Cara Mengajar "Himpunan" Kelas VII yang menyenangkan

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Bertemu kembali di deviansyah.blogspot.com. Maaf, belakangan ini, agak sibuk mempersiapkan siswa untuk UTS genap.

Artikel kali ini, saya akan membahas mengenai cara mengajar pelajaran himpunan di kelas VII. Cara ini terinspirasi dari anak - anak murid saya yang hiperaktif dan sulit apalagi diajarkan matematika dengan metode ceramah saja. Selain itu, saya melihat rekan guru yang suka marah dengan anak - anak apabila kurang diperhatikan ketika mengajar juga menjadi inspirasi saya kali ini. Terkadang memang murid yang tidak mau memperhatikan penjelasan guru memang sangat menyebalkan. Akan tetapi, tidak selamanya kita menyalahkan murid. Justru seharusnya kita introspeksi diri mengenai cara mengajar kita sebagai guru. Karena kalau kita berani memeriksa diri, maka kita akan semakin menjadi guru yang kreatif.

Kembali pada judul artikel ini. Langsung aja ya!

Terangkan terlebih dahulu kepada murid mengenai teori himpunan, kemudian praktekkan dengan hal - hal di bawah ini!
1. Buatlah kertas yang sudah ditulis angka (bilangan cacah/asli/bulat) dan jumlahnya disesuaikan dengan murid. 
2. Bagikan kertas tersebut kepada seluruh murid
3. Buatlah diagram venn untuk masing - masing jenis himpunan
3. Jelaskan contoh himpunan satu persatu. Misal :
a. Perintahkan murid menjawab soal himpunan lepas (guru tidak memberitahu kepada murid, kalau jawabannya adalah himpunan lepas). A = { 1,3.5.7} ; B = { 2,4,6,8}
b. Murid yang memegang kertas dengan angka dalam soal, diperintahkan untuk menuju diagram venn yang benar.
c. Ulangi hal yang sama pada jenis himpunan lainnya (kosong, nol, bagian, berpotongan, lepas dll.)
(Kerjakan praktikum ini di lapangan)

Cara ini sangat menuntut tingkat kreatifitas kita sebagai guru. Bagi para guru silakanlah membuka diri dan keluarlah dari zona nyaman dan aman kita (Quantum Teaching).

Sayapun meminta maaf, apabila ada yang tersakiti hatinya. Saya hanya mencoba membuat sekolah adalah tempat yang menyenangkan. 

Kepada seluruh rekan, apabila ada yang menyempurnakan cara ini. Saya sangat mengharapkannya. Atas perhatiannya saya ucapkan Semoga Alloh membalas kebaikan kita semua. Amiiin. 

No comments:

Post a Comment

Yang Baca, Wajib Like