Friday, March 2, 2012

Membuat Puzzle Al Qur'an dengan menggunakan Macromedia Flash

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Bertemu lagi dengan saya pada artikel yang ketiga ini. Kali ini, saya akan membahas mengenai cara membuat puzzle Al Qur'an dengan menggunakan macromedia flash. Program ini saya pelajari dari beberapa master flash di internet, salah satunya warungflash.com.

Baiklah langsung saja kita buat puzzle yang dimaksudkan!

1. Untuk dapat membuat puzzle Al Qur'an anda harus memiliki macromedia flash terlebih dahulu. Apabila anda belum memilikinya silakan menuju halaman ini (program yang saya miliki berbahasa spanyol).
2. Download dan instal program macromedia flash. Lalu jalankan program tersebut.
3. Pada halaman pertama, anda klik pada bagian documento de flash. Anda akan langsung berhadapan dengan halaman stage pada macromedia flash.


4. Aturlah ukuran stage dengan mengklik tamano menjadi 2000 px X 1500 px.




5. Berikutnya buatlah capa (layer) dengan nama puzzle. (untuk memberi nama, klik kanan pada capa dan klik propiedades. Maka akan timbul tab propiedades. Pada bagian yang bertuliskan capa, anda ganti dengan puzzle)

6. Impor gambar ayat Al Qur'an yang anda miliki (Apabila ayat Al Qur'an yang anda miliki masih berbentuk doc ataupun txt. Ubah terlebih dahulu ayat Al Qur'an dari doc menjadi JPEG. untuk mengubahnya klik disini) dengan menekan Ctrl R. 
7. Aturlah gambar dengan ukuran 500 x 400 pixel dan X = 500,0 ; Y = 500,0. (setelah gambar tampil di stage, tekan herramienta seleccion tool dan klik gambar, lalu tekan Ctrl B pada keyboard. Pada bagian bawah, ada tab propiedades. Klik gembok untuk dapat mengatur gambar. Setelah mengatur gambar, jangan lupa mengklik lagi gembok tadi).



8.  Setelah itu, tekan Herramienta linea tool untuk membuat gambar terpisah.


9. Apabila anda sudah memisahkan gambar, klik salah satu potongan dan tekan F8 untuk mengubahnya menjadi movieclip. Pada bagian nombre, tuliskan "bagian1", tipo pilih clip de pelicula dan registro pilih bagian tengah. Setelah itu klik acceptar.

10. Setelah itu pada bagian propiedades, isikan pula "bagian1" 


11. Lakukan poin 9 dan 10 pada seluruh potongan puzzle.
12. Copy seluruh potongan kemudian paste di luar puzzle. Posisikan copyan puzzle dengan mengaturnya pada bagian propiedades. X = 1050 ; Y = 500.
13. Kemudian ubah warna puzzle copyan dengan mengklik color pada bagian propiedades. Pilih alfa 15%
14. Klik salah satu puzzle copyan, kemudian tekan F8. Pada bagian propiedades, tambahkan kata menjadi "targetbagian1". 

15. Setelah itu lakukan pada seluruh potongan puzzle copyan.
16. Ubah posisi potongan puzzle asli secara manual ( klo pake actionscript, ane blm th. bwt agan yang tahu mohon masukkannya).

17. Kita masuk pada bagian yang menentukan! Klik pada salah satu potongan puzzle yang asli dan tekan F9. Kemudian masukkan actionscript berikut ini :

on(press) {
startDrag(this);
}
on(release) {
stopDrag();
for(i=1;i<_root.jumlah_potongan+i;i++) {
if(this._droptarget == "/targetbagian"+i) {
this._x = _root["targetbagian"+i]._x
this._y = _root["targetbagian"+i]._y
}
}
}

18. Setelah itu, lakukan poin 17 pada seluruh potongan puzzle yang asli.
19. Berikutnya klik fotograma (frame) 1 puzzle pada bagian linea de tiempo dan tekan F9. Kemudian masukkan actionscript berikut ini :

set(jumlah_bagian, 25);
set(onMouseUp, function () { klop_semua = 1;for (i=1; i<jumlah_bagian+i; i++) {if (_root["bagian"+i]._droptarget == "/targetbagian"+i) {_root["klop"+i] = 1;} else {_root["klop"+i] = 0;}}klop_semua *= _root["klop"+i];});
if(klop_semua) pesan ="Puzzle Lengkap"; {
gotoAndStop(2);
}

20. Pada actionscript diberi warna merah, sesuaikan dengan jumlah potongan puzzle yang anda buat.
21. Proses berikutnya anda tinggal memasukkan suara murottal untuk mendampingi anak anda dalam bermain. Caranya klik archivo, kemudian importar biblioteca. pilih murottal yang sesuai dengan ayat Al Qur'an. (Apabila anda memotong surat di dalam Al Qur'an menjadi beberapa puzzle maka gunakan mp3 cutter untuk memotong murottal dengan menyesuaikan puzzle Al Qur'an anda.)
22. Kemudian klik sonido dan pilih murottal yang telah dimasukkan ke dalam library (Ada di bagian propiedades).
23. Selesai klik Ctrl + Enter untuk menjalankan puzzle. (untuk dynamic text (berwarna biru), saya belum begitu paham)

Apabila anda merasa kesulitan dalam membuatnya. Jangan sungkan - sungkan untuk bertanya. Buat agan - agan yang telah master dalam flash, ane cm mo minta tolong masukkannya! Sekian hari ini.

No comments:

Post a Comment

Yang Baca, Wajib Like