Thursday, March 1, 2012

Cara Mengajar Hafalan Al Qur'an yang Menyenangkan 2

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Bertemu kembali pada artikel saya yang kedua. Kali ini, saya akan berbagi kembali kepada anda semuanya mengenai cara mengajar Al Qur'an dengan cara yang menyenangkan. Langsung aja yach!

2. Pasang ayat

Permainan ini dimainkan dengan cara memasang potongan ayat Al Qur'an pada papan permainan. Adapun cara membuatnya sebagai berikut :

a. Sediakan kertas karton, cutter, penggaris dan spidol.
b. Ukur kertas karton untuk menentukan besarnya potongan ayat Al Qur'an yang akan digunakan.
c. Buatlah garis - garis untuk memudahkan anda dalam menulis ayat (apabila malas menulis, anda bisa memprint out potongan ayat dan sesuaikan dengan ukuran potongan kertas karton) dan memotongnya.
d. Tulislah ayat Al Qur'an pada kolom yang telah dibuat,  kemudian potong sesuai ukurannya.
e. Untuk papan permainan saya menggunakan kertas karton yang diberi sayatan - sayatan kecil secara berpasangan. Lubang hasil sayatan ini akan digunakan sebagai tempat meletakkan potongan ayat Al Qur'an.
f. Selesai. Permainan pasang ayat inipun dapat anda mainkan bersama anak, murid ataupun keluarga anda.

Ingat! Senantiasa berikanlah hadiah dalam setiap permainan yang dimainkan, agar anak yang sedang belajar semakin bersemangat dan senang dalam mempelajari ayat Al Qur'an. 

Permainan ini bisa anda mainkan dengan banyak cara. Bergantung pada kreativitas anda. Kalau bingung cara memainkannya, jangan sungkan - sungkan bertanya kepada saya yach di kolom komentar. Insya Alloh, saya akan menjawab pertanyaan anda setiap malam. 

Semoga Alloh menambahkan ilmu kepada kita semua!!!! Amiiiiiiiin......

No comments:

Post a Comment

Yang Baca, Wajib Like