Alhamdulillah, kali ini kami akan berbagi mengenai konsep rumah tahfidz Abu Salman yang terbaru. Kami tidak hanya terfokus pada hafalan Al Qur'an tetapi melebarkan fokus pada bidang lainnya. Yaitu karakter dan kemampuan berbahasa asing.
PROGRAM HAFALAN
TUJUAN
1.
BACA TULIS AL QUR’AN
DENGAN BAIK
2.
HAFAL AL QUR’AN 1
JUZ/4BULAN
3.
BERSAHABAT DENGAN AL
QUR’AN
TABEL
PEMBAGIAN WAKTU
No
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
1
|
5 menit
|
OPENING
|
Peserta dikondisikan untuk siap menghafal
|
2
|
10 menit
|
TASMI’
|
Peserta mendengarkan hafalan dari guru yang membacakan
|
3
|
15 menit
|
GAME
|
Peserta memainkan beberapa permainan sesuai dengan kebutuhan.
|
4
|
10 menit
|
MUROJA’AH
|
Peserta mengulang kembali hafalan yang telah dihafalkan
|
5
|
10 menit
|
CLOSING
|
Peserta mengevaluasi setiap kesalahan yang dilakukan dan
memperbaikinya.
|
v PESERTA DIBAGI MENJADI KELOMPOK BESAR DAN KECIL
v KELOMPOK BESAR HANYA TERBAGI MENJADI DUA KELOMPOK
v KELOMPOK KECIL TERDIRI DARI 3-4 ORANG
v TASMI’ DILAKUKAN PADA KELOMPOK BESAR
v GAME DIPERLAKUKAN PADA KELOMPOK KECIL
ALAT :
1.
AL QUR’AN /JUZ
2.
KOTAK PERMAINAN
3.
PAPAN ULAR TANGGA +
KARTU PERMAINAN
4.
MUROTTAL + SPEAKER
5.
PUZZLE AL QUR’AN
PROGRAM BAHASA
TUJUAN
1.
MEMBIASAKAN
BERBAHASA ASING
TABEL PEMBIASAAN
PERCAKAPAN
No
|
Jumlah Percakapan
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
1
|
1 muhadatsah / pertemuan ganjil
|
Muhadatsah
|
Peserta menulis dan mempraktekkan setiap muhadatsah setiap kali
hadir
|
2
|
1 dialogue/pertemuan genap
|
Conversation
|
Peserta menulis dan mempraktekkan setiap conversation setiap kali hadir
|
v MUHADTSAH/CONVERSATION DILAKUKAN PADA SAAT 10 MENIT AWAL
SEBELUM PROGRAM HAFALAN
ALAT :
1.
PAPAN TULIS 50 CM+ SPIDOL + PENGHAPUS
PROGRAM KARAKTER
TUJUAN
1.
MEMBIASAKAN KARAKTER
BAIK
TABEL
PEMBIASAAN KARAKTER
NO
|
JUMLAH KARAKTER
|
CONTOH
|
KETERANGAN
|
1
|
1 KARAKTER/PEKAN
|
MENCUCI PAKAIAN
|
PESERTA MENCUCI PAKAIANNYA SENDIRI SELAMA 1 PEKAN
|
v PESERTA DIBERIKAN KESEMPATAN UNTUK MEMBIASAKAN SATU KARAKTER
SETIAP PEKANNYA
v KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN AKAN DIBERIKAN REWARD OR
PUNISHMENT
ALAT :
1.
KARTU KARAKTERKU
2.
PAPAN MADING 50
CM+KARTON+PAKU PAYUNG
PROGRAM UNGGULAN
1.
LOMBA TAHFIDZ / 4
BULAN
2.
LOMBA
PERCAKAPAN / 4 BULAN
3.
SISWA TELADAN / 1
BULAN
REWARD AND PUNISHMENT
TABEL
REWARD AND PUNISHMENT
NO
|
PROGRAM
|
REWARD
|
PUNISHMENT
|
KETERANGAN
|
1
|
HAFALAN
|
|||
HAFAL 1 JUZ
|
PERALATAN SEKOLAH BARU (CONTOH)
|
MEMBERSIHKAN RUMAH TAHFIDZ SELAMA 1 MINGGU
|
REWARD DIBERIKAN BILA MAMPU DISELESAIKAN MAKSIMAL 4 BULAN, DAN
AKAN MENDAPATKAN PUNISHMENT BILA TIDAK MAMPU MENGHAFAL DLM WAKTU MAKSIMAL.
|
|
LOMBA TAHFIDZ
|
UANG TUNAI (CONTOH)
|
-
|
HADIAH HANYAK DIBERIKAN PADA JUARA 1,2 DAN 3.
|
|
2
|
BAHASA
|
|||
LOMBA PERCAKAPAN
|
UANG TUNAI (CONTOH)
|
-
|
HADIAH HANYAK DIBERIKAN PADA JUARA 1,2 DAN 3.
|
|
3
|
KARAKTER
|
|||
SISWA TELADAN
|
MAKANAN (CONTOH)
|
PIKET SELAMA 3 HARI
|
SISWA TELADAN DITENTUKAN BERDASARKAN CATATAN KARAKTER.
|
No comments:
Post a Comment